Breaking

Wednesday, August 22, 2018

Mengenal Ciri Ciri Ayam Birma Aduan Asli

Mengenal Ciri Ciri Ayam Birma Aduan Asli, Siapa lagi pecinta ayam aduan yang tidak mengenal Ayam Birma? tentunya tidak ada lagi bukan.  ayam birma merupakan salah satu ayam aduan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. ayam aduan ini juga termasuk salah satu dari ayam aduan yang paling ditakuti oleh seluruh pecinta ayam aduan / botoh ayam aduan di negara indonesia.

Ayam Birma merupakan ayam aduan yang berasal bukan dari negara indonesia melainkan ayam aduan ini berasal dari negara Myanmar. ayam aduan yang satu ini memiliki teknik bertarung yang bagus, cepat dan tepat. maka kita sudah tidak heran lagi jika ayam aduan ini termasuk salah satu ayam aduan yang paling ditakuti dan paling dicari cari oleh seluruh para penggemar ayam aduan di indonesia.

Lalu apa kamu sebagai salah satu pencinta ayam aduan sudah mengenal ciri ciri ayam birma asli? munking banyak dari kita yang sudah mengetahui akan ciri ciri dari ayam birma asli, terlebih lebih lagi bagi senior master Botoh Ayam Aduan di indonesia. namun izinkan saya pada kesempatan ini membagi pengalaman saya mengenai ciri ciri dari ayam birma asli.  bagi kamu yang belum mengetahui akan ciri ciri ayam birma asli maka silahkan kamu simak ulasan yang saya berikan kali ini.

Ciri Ciri Ayam Birma Asli :


Bentuk Kepala :

1. Ukuran kepala lebih kecil diandingkan dengan ayam bangkok dan berbentuk pipi.
2. Memiliki tatapan mata yang tajam dan mata terlihat cembung.
3. Memiliki bentuk jengger yang tegap dan menghadap ke atas layaknya sebuah mahkota.
4. Memiliki paruh atau patok pendek.
5. Telinga dan kepel ayam terlihat menggelambir dan sangat mencolok.

Jengger :

Ayam birma memiliki jengger yang tegak dan umumnya berbentuk bantam ular dan terbelah dua. pada dasarnya ayam laga yang tergolong bagus dan berkualitas mempunyai jengger yang kecil dan itu merupakan ciri ayam yang gesit serta lincah dalam pertarungan,.

Mata : 

Apabila dilihat secara teliti, ayam burma ini memiliki sepasang mata yang agak besar dan sedikit cembung, kelihatan seperti melotot. ini jugalah yang membuat ayam laga jenis ini terkesan lebih garang, ganas dan liar, bahkan terlihat lebih bringas dari ayam bangkok, ayam aaigon dan ayam laga jenis lainnya.

Ukuran Tubuh Kecil :

Ayam birma yang memiliki ukuran kecil di bawah tiga (3) kg saja. meskipun memiliki tubuh yang mungil ayam birma memiliki banyak sekali kelebihan dan kelebihan yang paling menonjol dari ayam ini adalah kecerdasan dan teknik tarungnya yang sangat bagus. dengan bentuk tubuh yang kecil tersebut ayam birma bisa melesatkan pukulan pukulan yang keras dan akurat serta memiliki gerakan yang super lincah,.

Struktur Tulang :

Ayam birma memiliki struktur tulangan kecil dan tipis. jika dibandingkan dengan ayam bangkok / ayam petarung lainnya tentu sangat jauh berbeda. struktur tulangan ini bisa saja menjadi kelebihan dan juga kekurangan ayam birma, jika ayam birma diadu dengan ayam birma tentu struktur tulangan tidaklah berpengaruh karena pertarungan memiliki kelas yang seimbang.

Namaun bagaimana jika ayam birma diadu dengan ayam bangkok atau saigon tentu struktur tulangan akan menjadi salah satu kekurangan dari ayam birma. beranjak dari kemungkinan kemungkinan tersebut ayam birma juga mendorong munculnya generasi ayam aduan modern dari hasil persilangan seperti birkok (bima x bangkok), Magon (birma x saigon) dan sebagainya.

Bentuk Kaki :

Ayam birma memiliki bentuk kaki yang sangat kecil jika dibandingkan dengan ayam aduan lain. jika ayam bangkok memiliki jari jari kaki yang panjang lantas berbeda pula dengan ayam birma, ayam birma memiliki jari kaki yang kecil dan agak pendek. untuk menyamakan kaki ayam birma lebih mirip dengan ayam lokal indonesia atau ayam kampung. kemudian untuk menukur kualitas ayam birma juga masih sama dengan ayam bangkok yaitu menggunakan primbon atau katurangan sisik.

Teknik Bertarung :

Teknik tarung yang menonjol dan banyak disukai dari ayam birma adalah kecepatan dan kecerdasanya. ayam birma adalah termasuk ayam yang gesit dan lincah serta memiliki akurasi pukulan yang terarah atau bisa dibilang ayam pukul saraf. kemudian kecerdasan ayam birma yang bisa dikatakan ayam pintar membuat ayam ini dapat mengimbangi berbagai macam gaya tarung dari lawan bertarungnya.

Jika di Indonesia teknik tarung ayam birma yang paling populer adalah teknik nglaprak atau teknik meranggal, yaitu teknik yang melesatkan pukulan tanpa mematuk lawan dan memiliki akurasi yang bagus. ayam birma sangatlah cocok jika dijadikan ayam tipe jalu karena alasan alasan di atas.

Munking cukup sampai disini dulu ulasan yang dapat saya sampaikan kepada kamu semua tentang Ciri Ciri Ayam Birma Asli, semoga dengan adanya ulasan yang saya berikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu semua seluruh para pecinta ayam aduan di indonesia. cukup sampai disini dulu pertemuan kita kali ini, dan sampai berjumpa lagi bersama saya pada artikel saya selanjutnya.

No comments:

Post a Comment