Breaking

Monday, August 20, 2018

Berbagai Macam Manfaat Kunyit Untuk Ayam Aduan


Botohayam88, Bagi kamu semua seluruh pada penggemar ayam terutama bagi Ayam Laga Aduan pastinya kamu sering mengalami kendala / masalah pada kesehatan ayam aduan yang kamu miliki.  masalah kesehatan yang terjadi pada ayam aduan kamu merupakan  karena berbagai faktor seprerti terserang penyakit atau karena ayam aduan yang kamu miliki mengalami luka pada saat di adu.

Untuk mengobati masalah itu banyak dari sebagian pencinata ayam aduan memberikan pengobatan dengan menggunakan bahan obat yang tidak alami,  padahal seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sudah banyak juga para pecinta ayam aduan mengoati berbagai penyakit ayam aduan dengan menggunakan kunyit. kunyit merupakan salah satu rempah yang sudah sering digunakan oleh banyak orang untuk membuat jamu pada ayam aduan.

Nah berbicara tentang kunyit, kali ini saya akan memberikan kepada kamu semua akan Manfaat Kunyit Untuk Ayam Aduan,. munking bagi kamu yang sudah senior dalam dunia ini maka izin kali ini saya memberikan manfaat kunyit untuk ayam aduan. untuk kamu yang belum mengetahui akan manfaat sesungguhnya kunyit untuk ayam aduan, maka silahkan kamu simak ulasan yang kami berikan pada kesempatan kali ini.

Manfaat Kunyit Untuk Ayam Aduan :


1. Mengobato Penyakit Diare : Penyakit mencret / diare pada ayam jago juga bisa diatasi dengan memberikan kunyit ini. karena meminum air yang terlalu banyak ayam biasanya bisa menderita diare atau bisa juga oleh penyebab lainnya. untuk itu, untuk mengobati diare / mencret pemberian kunyit ini adalah solusi yang tepat karena sudah dipercaya keampuhannya.

2. Dapat Menambah Nafsu Makan : Untuk ayam jago yang mulai kurang nafsu untuk makannya, pemberian kunyit atau kunir merupakan langkah yang paling tepat sekali. nafsu makan ayam aduan dapat bertambah baik dengan pemberian kunyit ini.

3. Sebagai Antibiotik : Pemberian vaksin digantikan oleh kunir bagi ayam aduan akan lebih baik. karena bahan kimia sejatinya tidak lebih baik daripada yang alami, jadi menggunakan vaksin dari kunyit lebih baik ketimbang antibiotik yangberasal dari zat kimia.

4. Mengatasi Lesu : Saat bertarung / diadukan didalam arena / gelanggang, sejatinya ayam aduan harus dalam keadaan fit. dengan menggunakan kunyit yang dipotong sebesar kelereng dapat mengatasi ayam aduan yang lesu atau kurang bergairah. untuk ayam dewasa, kunyit dilolohkan utuh tanpa di tumbuh, dan sementara, kunyit bisa ditumbuh, dihaluskan atau di kurangi porsinya untuk ayam aduan yang masih kecil.

5. Sebagai Obat Dalam : Obat dalam sangat penting untuk ayam aduan yang baru selesai bertarung, karena kondisinya pasti sakit dan lemas. Untuk obat dalam, bisa menggunakan bagian umbi (rimpang) kunyit yang telah berumur lebih dari 1 tahun, hal ini dipercaya bisa digunakan sebagai obat untuk ayam aduan :


  • Bermanfaat untuk mendinginkan badan ayam saat ayam terkena panas dalam atau di saat kondisi panas.'
  • Bisa membersihkan sisa kotoran di saluran pencernaan sehingga zat – zat beracun bisa dikeluarkan semua. Karena zat racun ini yang sering menyerang bagian dalam tubuh ayam,maka ini harus dihindari.
  • Membantu merangsang melepaskan kelebihan gas di usus.
  • Berfungsi menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah. Pendarahan biasanya terjadi ketika ayam selesai bertarung. Seusai bertarung sebaiknya ayam kesayangan Anda diberi kunyit untuk dapat menghentikan pendarahan serta mencegah penggumpalan darah.


6. Sebagai Obat Luar : Selain dapat digunakan sebagai obat dalam pada ayam aduan yang kamu miliki, kunyit ini juga dapat kamugunakan sebagai obat luar untuk mengobati penyakit ayam aduan.


  • Kunyit bisa digunakan untuk mengobati bengkak pada ayam aduan setelah bertarung, caranya dengan dioleskan langsung pada bagian yang bengkak. Lebih baik kunyitnya ditumbuk / diparut terlebih dulu agar lebih mudah ketika dioleskan.
  • Kunyit juga bisa digunakan untuk bedak dengan cara dicampurkan gambir dan kapur sirih. Cara pemberiannya dengan mengusapkan cairan kunyit ke seluruh bagian badan ayam aduan, hal ini dipercaya dapat mempertebal kulit bagian luar ayam bangkok aduan sehingga tahan terhadap gigitan serangga.
  • Khasiat selanjutnya ialah sebagai obat mata ayam yang bengkak. Caranya pemberiannya dengan meneteskan cairan kunyit pada bagian mata. Kunyitnya lebih baik diparut / diblender terlebih dahulu.
  • Kunyit bermanfaat sebagai obat hidung ayam yang berair / pilek. Caranya pemberiannya dengan membersihkan hidung Ayam Bangkok Aduan dengan cairan kunyit yang telah dihangatkan.
  • Bisa mengobati penyakit turun urat pada ayam. Caranya dengan merebus kunyit dan daun sereh, lalu cairannya dapat digunakan untuk mengkompres kaki ayam aduan yang turun urat. Hal ini dapat membantu proses penyembuhannya sehingga lebih cepat.


Munking cukup sampai disini dulu ulasan yang dapat kami berikan kepada kamu semua tentang manfaat kunyit yang sesungguhnya untuk ayam aduan. semoga dengan adanya ulasan yang kami berikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu dalam merawat ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam aduan juara bertarung didalam arena tarung ayam jago. Terimah kasih dan Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment